Fakultas Pertanian & Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang
Fakultas Pertanian & Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang

Civitas Akademisi Perikanan Sapa Hari Ikan Sedunia

Author : Administrator | Jum'at, 19 Desember 2014 10:40 WIB
Kegiatan Pameran Prodi Perikanan bersama mahasiswa

Selamat Hari Ikan Sedunia! Ya.. pada tangal 17-20 November 2014 Universitas Muhammadiyah Malang Jurusan Perikanan menyelenggarakan “Open Houses-Pameran Produk Perikanan” di Gedung Kuliah Bersama (GKB) 1 lantai 3,5. Kegiatan ini adalah langkah awal yang dilakukan oleh seluruh civitas akdemisi dari Jurusan Perikanan menyambut Hari Ikan Sedunia. Momen ini juga sekaligus memperkenalkan eksistensi dunia perikanan di Kampus putih ini.

Marid Alhan Kurma Indra Rohid semester 5 selaku ketua pelaksana mengutarakan bahwa, pada kegiatan yang diselenggarakan dari pagi sampai malam ini terdapat pengenalan singkat tentang pemijahan, budidaya, desain, dan pengolahan hasil perikanan. Pemijahan itu secara kasar adalah pelaksanaan perkawinan pada ikan. Kemudian untuk desain sendiri menjelaskan seni dalam mendesain dan mengatur komposisi di dalam, sampai cara mengatur konstruksi pada aquarium atau tempat memelihara ikan dalam ruang, seperti aquscape. Pada pengenalan budidaya hanya sekedar lingkup umum. Budidaya perikanan padakegiatan ini sebatas menjelaskan budidaya di air payau, air tawar, dan air laut beserta komoditasnya. Pada budidaya air laut itu ada kerapu, kakap, bawal, dan bintal. Sedangkan untuk payau ada udang dan bandeng, yang paling bagus udang.

“Kita di sini menggunakan siasat sembari bertanya sambil melihat dan menjual. Pada setiap stan terdapat beberapa orang dapat menjelaskan hal-hal yang ingin disampaikan. Untuk yang pengolahan hasil perikanan kami adakan demo memasak pembuatan nugget, kaki naga, dan pembuatan bakso yang bekerjasama dengan UF (University Farm) di sore harinya” jelasnya dengan sambil menjualkan kura-kura kepada seorang mahasiswi UMM mampir sebentar melihat-lihat.

“Kegiatan ini dilaksanakan oleh himpunan mahasiswa jurusan dan akan menjadi program kegiatan rutin dari jurusan tiap tahun. Rencana awal saya ingin memperkenalkan potensi perikanan kepada masyarakat umum tetapi mungkin alangkah lebih baiknya di dalam universitas terlebih dahulu dan mungkin baru di tahun yang akan dating bisa lebih luas cakupannya. Potensi perikanan yang diawali dengan perkenalan tidak langsung secara mendalam ini diimplementasikan dengan kegiatan pameran dan mendapatkan perhatian dan tanggapan yang cukup baik dari mahasiswa dan seluruh warga universitas. Gambaran kegiatan seperti ini di tahun depan untuk sekilas info saja, akan diadakan festival perikanan kira-kira pada bulan Mei, yang dimeriahkan dengan kontes cupang, kontes koi, balapan kura-kura, pengolahan produk dan stan jual beli dengan lingkup besar, sehingga perlahan harapan untu keksistensi perikanan di masyarakat umum dapat tercapai ”paparsingkatnya sekaligus menutup perbincangan.

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image