Fakultas Pertanian & Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang
Fakultas Pertanian & Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang

FPP UMM Gandeng PT. Syngenta dan Balitbang Kabupaten Malang

Author : Administrator | Senin, 09 Februari 2015 14:57 WIB
Template Judul Gambar Berita 1
Template Judul Gambar Berita 2.

Gelar Komunikasi Publik Jagung  Produk Rekayasa Genetik

MALANG – Kemajuan pesat ilmu pengetahuan, khususnya dibidang ilmu-ilmu hayati, umunya ”hanya” mendapat sambutan meriah di kalangan sesama ilmuwan dan para penggiat di bidang lingkungan hidup. Namun tidak dikalangan masyarakat luas. Untuk itulah maka perlu diperkenalkan pendekatan yang berbeda-beda dalam melihat berbagai perkembangan produk-produk teknologi yang ada ditengah masyarakat, termasuk produk hasil rekayasa genetik.

Hal tersebut memacu Tim Fakultas Pertanian-Peternakan (FPP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) untuk menggelar Komunikasi Publik tentang studi kemanan lingkungan dan efikasi pada jagung Produk Rekayasa Genetik (PRG) di lapangan Uji Terbatas (LUT). Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan komunikasi kepada masyarakat tentang studi keamanan lingkungan dan efikasi pada Jagung Produk Rekayasa Genetik (PRG) di Lapangan Uji Terbatas (LUT).

Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis(26/7) di Ruang Anusopati Kabupaten Malang. Peserta kegiatan terdiri atas peneliti, akademik, praktisi di bidang pertanian dan lingkungan, pengambil kebijakan (pemerintah daerah) dan kelompok-kelompok tani yang terkait dalam bidang pertanian dan lingkungan. Acara dibuka oleh Ir Heliyanti Kuntari, Kepala Balitbang Kabupaten Malang.

”Kegitan ini sangat membesarkan hati kita semua ditengah-tengah upaya pemerintah untuk mendorong agar hasil-hasil penelitian dan pengembangan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, dunia usaha maupun oleh pemerintah daerah,” ungkap Heliyanti.

Kegiatan tersebut juga dihadari oleh juga Dr. Tantono Subagyo (Corprate Affair and Regulatory Affair Adviser – PT Syngenta Seed Indonesia), Prof. Dr. M. Fatchan (Ketua Dewan Riset Daerah Kabupaten Malang). Pembicara pada kegiatan Komunikasi Publik tersebut antara lain Dr. Ir. Muhammad Herman, MS (Peneliti Utama – Balai Besar Biogen Bogor), Fadhilah Dewi Rakhmawati. S.Si., M.Sc (Seed Regulatory & Stewardship Manager PT, Syngenta Seed Indonesia), Dr. Ir.Maftuchah, MP. (Dosen FPP UMM/ Peneliti Pusbang Bioteknologi UMM, sekaligus penangungjawab pelaksanaan Uji Lapang Terbatas Produk Rekayasa Genetik). Materi  yang disampaikan, dalam kegiatan tersebut tentang Produk-produk Rekayasa Genetik yang diuji Parameter yang diamati (efkasi dan  Non Target Organism) serta Protokol Lahan Uji Terbatas.

Ketua Dewan Riset Daearah Kabupaten Malang, Prof.Dr.M.Fatchan mengungkapkan kegiatan ini membuktikan adanya komitmen dan kerjasama yang kuat antara unsur-unsur Akademisi, Bussiness, dan Government (ABG) dan diharapkan di masa mendatang kesinambungan kerjasama semacam ini akan sangat membantu memacu pertumbuhan ekonomi di Indonesia, khususnya dalam pemanfaatan hasil-hasil riset bagi kebutuhan masyarakat. Kegiatan tersebut juga mendapat respon  positif dari instansi  terkait, kalangan akademisi, peneliti dan praktisi/petani.

Kegiatan komunikasi publik ini merupakan bagian dari kerjasama antara PT Syngenta Seed Indonesia dengan UMM tentang Studi Keamanan Lingkungan dan Efikasi Jagung Produk Rekayasa Genetik di Lapangan Uji Terbatas yang direncanakan akan dilaksanakan pada tahun ini. Kegiatan tersebut direncanakan akan dilakukan di kebun percobaan FPP UMM yang berlokasi di desa Pendem.

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image