Fakultas Pertanian & Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang
Fakultas Pertanian & Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang

Gebyar Hari Krida Pertanian Jawa Timur 2015

Author : Administrator | Selasa, 06 Oktober 2015 16:35 WIB


Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Jawa Timur Ir. Hadi Prasetyo, ME sedang meninjau salah satu stan

Suasana di UMM Dome Universitas Muhammadiyah Malang pagi tadi tampak semarak dipenuhi stand-stand yang “ijo royo-royo”.  Pada hari ini, Selasa (6/10/15) diselenggarakan kegiatan Hari Krida Pertanian Provinsi Jawa Timur ke 43 tahun 2015.  Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Fakultas Pertanian-Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang.

“Hari krida pertanian itu merupakan hari bersyukur para petani, para kelompok tani dan insan pertanian, baik yang ada di pelaku agribisnis maupun yang ada di pemerintahan.  Kegiatan ini tidak semata mata mengevaluasi keberhasilan, tetapi juga mengevaluasi atas kegagalan-kegagalan yang pernah dicapai dan juga kesulitan kesulitan yang dihadapi.  Peringatannya baru bisa diadakan di bulan Oktober berkenaan dengan hari ulang tahun provionsi Jawa Timur yang ke70”, ujar Dr. Ir. Wibowo Ekoputro, MT, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jatim.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Jawa Timur, Ir. Hadi Prasetyo, ME (mewakili gubernur Jawa Timur) ini diisi dengan pameran produk pertanian oleh unsur dinas pertanian kabupaten/kota se-Jawa Timur, perusahaan bidang pertanian, perbenihan, UKM, Kelompok Tani, dan lain-lain.  Selain pameran, juga diadakan acara penyerahan penghargaan bagi para pemenang lomba-lomba yang dilakukan oleh Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur.

Khusus untuk acara pameran, Hari Krida Pertanian Jatim ini menggelar produk-produk pertanian unggulan, mulai dari proses hulu hingga hilir, yaitu mulai perbenihan sampai dengan produksinya.  Hasil pertanian yang tampak dalam pameran itu mulai dari padi, jagung, kedelai dan tanaman holtikultura termasuk umbi umbian hingga produk-produk olahan.

Kegiatan Hari Krida Pertanian merupakan agenda rutin Dinas Pertanian Proivinsi Jawa Timur.  “Tahun 2015 ini, gebyar Hari Krida Pertanian Jawa Timur bekerjasama dengan Fakultas Pertanian-Peternakan UMM, sehingga kita tempatkan di UMM Dome ini.  Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pertanian Provinsi Jatim yang sudah berkenan bekerjasama dengan kami, sehingga secara langsung akan mendekatkan mahasiswa pada bidang pertanian.  Selain itu melalui gelar ini, mahasiswa FPP UMM dapat menambah pengetahuan praktis terkait perkembangan teknologi bidang pertanian”, kata Drs. Fauzan, M.Pd, Pembantu Rektor II UMM.

“Kita bersyukur sekali difasilitasi oleh Fakultas Pertanian-Peternakan UMM dan juga kita memang sengaja mengajak anak anak kita para mahasiawa mahasiswi terutama yang jurusan pertanian dalam arti luas,  apakah perikanan, peternakan, agronomi atau sosial ekonomi, untuk memahami bagaimana Jawa Timur itu sebagai provinsi agraris yang mampu memproduksi produk untuk kepentingan nasional”, lanjut Wibowo Ekoputro.

Hari Krida Pertanian Jawa Timur 2015 diikuti oleh 38 kabupaten dan kota se-Jawa Timur.  Peserta terdiri dari UPT Dinas dan UPT Kementerian yang ada di Jawa Timur.  Di pengujung acara dilakukan penyerahan piala, penghargaan dan hadiah bagi para poemenang gelar produk dan olahan pertanian yang menjadi juara setelah dilakukan penilaian oleh dewan juri. (ytn)


Galeri Foto:
 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image