Fakultas Pertanian & Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang
Fakultas Pertanian & Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang

Pelihara Ikan Hias, Siapkan Aqua Scape Saja

Author : Administrator | Kamis, 29 Desember 2016 03:48 WIB

MALANGVOICE – Bagi Anda yang memelihara ikan hias di rumah, daripada menempatkan mereka di akuarium biasa, sediakan saja aqua scape.

Aqua scape adalah akuarium namun dengan ornamen pasir dan tanaman asli di dalamnya. Selain lebih indah, aqua scape membuat ikan hidup lebih lama. Ikan pun senang berenang kesana kemari karena aquarium mirip dengan habitat aslinya.

Mahasiswa prodi perikanan Universitas Muhammadiyah Malang, M Fahimuridlo, mengatakan, manfaat aqua scape selain memperpanjang umur ikan adalah mengurangi limbah kotoran ikan.

“Kotoran ikan otomatis menjadi pupuk untuk tanamannya,” katanya kepada MVoice.

 

 

 

 

Tanaman dalam akuarium (anja)
Tanaman dalam akuarium (anja)

 

 

 

 

Alih-alih memberikan airpump (pompa udara) dalam aquarium yang kurang sedap dipandang, tanaman asli bisa menghasilkan oksigen untuk ikan. Tanaman dapat melakukan itu karena proses fotosintesis. Beberapa ikan juga memakai tanaman sebagai sarang tempat bertelur.

“Membersihkan aqua scape tidak rumit. Sebulan sekali atau ketika air mulai keruh, air bisa diganti dengan air jernih melalui slang. Tanpa memindahkan ikan. Gunakan slang kecil agar ikan tidak tersedot keluar,” katanya

Sumber : http://malangvoice.com/pelihara-ikan-hias-siapkan--aqua-scape-saja/

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image