Fakultas Pertanian & Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang
Fakultas Pertanian & Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang

Sejarah Fakultas Pertanian - Peternakan UMM

Fakultas Pertanian dan Fakultas Peternakan-Perikanan pada awalnya merupakan 2 Fakultas yang terpisah. Fakultas Pertanian berdiri tahun 1980, dengan satu PS, yaitu PS Budidaya Pertanian yang saat ini menjadi PS Agroteknologi. Dalam perkembangan selanjutnya, Fakultas Pertanian membuka 3 (tiga) PS baru, yaitu PS Sosial Ekonomi Pertanian (tahun 1984) yang kemudian berubah menjadi PS Agribisnis, PS Teknologi Hasil Pertanian (THP, tahun 1993) dan PS Budidaya Hutan (tahun 1999). Fakultas Peternakan-Perikanan berdiri tahun 1987 dengan satu PS yaitu PS Produksi Ternak. Pada tahun 1993 membuka PS Teknologi Industri Peternakan dan pada tahun 1995 membuka PS Perikanan. Pada Tahun 2003 PS Produksi Ternak dan PS Teknologi Industri Peternakan bergabung menjadi PS Peternakan.

Program Studi sebagaimana tersebut di atas hingga saat ini sudah terakreditasi dengan nilai “A” dan ”B”. PS yang terakreditasi dengan nilai “A” adalah PS Agroteknologi, THP dan Peternakan. Hal ini menujukkan bahwa kinerja keenam PS tersebut sudah sangat baik baik.  Namun demikian produktifitas Fakultas dan PS harus tetap ditingkatkan agar dapat bersaing di dunia global. Oleh karena itu maka perlu dilakukan optimalisasi potensi dengan cara mensinergikan sumberdaya yang ada, serta untuk mempertegas kompetensi utama pertanian yang pada

hakekatnya merupakan kompetensi utama pertama pertanian yang telah terpecah-pecah menurut hakekat pengusaan ilmu  (agricultural science) yang saat sekarang sudah tidak sesuai lagi dengan sistem pertanian berkelanjutan,maka pada bulan Juli tahun 2009 pimpinan Universitas mengambil keputusan untuk mengintegrasikan Fakultas Pertanian dan Fakultas Peternakan-Perikanan menjadi Fakultas Pertanian-Peternakan berdasarkan SK Rektor Nomor 1 Tahun 2009. Fakultas ini memiliki 6 PS, yaitu (i) PS Agroteknologi, (ii) PS Agribisnis, (iii) PS Ilmu dan Teknologi Pangan (THP), (iv) PS Kehutanan (v) PS Peternakan dan (vi) PS Budidaya Perairan.

Sejak berdiri hingga saat ini, dari 6 (enam) PS di Fakultas Pertanian-Peternakan, baru terdapat 3 (tiga) PS yang sudah berhasil mendapatkan hibah dari DIKTI yaitu, (i) PS Agroteknologi melalui Program Semi-QUE (tahun 2003-2004) dan Program Hibah Kompetisi (PHK) A2 (tahun 2006-2008), (ii) PS THP melalui Program Semi-QUE (tahun 2003-2004) dan Program Hibah Kompetisi (PHK) A2 (tahun 2006-2008), dan (iii) PS Budidaya Hutan melalui program Inheren (Tahun 2007).

Shared: