Fakultas Pertanian & Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang
Fakultas Pertanian & Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang

Profil Fakultas Pertanian - Peternakan

 Sambutan Dekan Fakultas Pertanian - Peternakan
Assalamu’alaikum wr. wb.

Pada era globalisasi ini sedikitnya terdapat 5 masalah besar yang dihadapi oleh hampir semua negara-negara di berbagai belahan dunia, yaitu ledakan penduduk, krisis pangan, krisis energi, krisis ekologi (kerusakan lingkungan) dan global warming. Pengembangan agribisnis pertanian, peternakan, perikanan, dan kehutanan meliputi rekayasa genetik, pengembangan teknologi pengolahan hasil dan pemasaran produk akan memainkan peran yang sangat penting untuk mengeliminir berbagai persoalan tersebut di atas. Kondisi tersebut memberikan makna bahwa pada saat ini dan masa yang akan datang, pertanian tidak hanya sebagai penyedia bahan pangan, akan tetapi juga sebagai penyedia sumber energi baru terbaharukan dan sebagai pencegah kerusakan lingkungan serta memiliki peran penting dalam menghambat global warming.

Disamping itu akhir-akhir ini juga memperlihatkan bahwa komoditas pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan memiliki struktur demand yang sangat menggairahkan, sehingga harga berbagai komoditas tersebut selalu meningkat, baik di level nasional maupun internasional. Perdagangan bebas dunia secara multilateral yang akan diberlakukan pada tahun 2020 menuntut kualitas produk yang tinggi. Ini adalah sebagian dari gambaran masa depan pertanian yang akan semakin dinamis di masa-masa mendatang. Untuk menghadapi kondisi ini, dibutuhkan tenaga-tenaga ahli yang profesional, adaptif dan berjiwa entrepreneur, sehingga mampu memimpin pembangunan pertanian untuk menjadi leading sector bagi pembangunan ekonomi nasional.

Dalam mengantisipasi perkembangan tersebut, usaha pertanian yang berdaya saing tidak mungkin tumbuh begitu saja tanpa kajian yang teruji. Fakultas Pertanian-Peternakan memiliki peran yang sangat strategis untuk menciptakan usaha bidang pertanian, peternakan, perikanan, dan kehutanan, seperti teknologi rekayasa genetik, bioteknologi, teknologi pengolahan pangan, dan teknologi pemasaran yang kompetitif.

Fakultas Pertanian Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang sebagai lembaga pendidikan tinggi yang peduli dalam pengembangan ipteks bidang pertanian, dengan dukungan tenaga-tenaga pengajar yang profesional dibidangnya dan dengan berbagai fasilitas laboratorium yang cukup memadai siap untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan profesional. Kondisi tersebut juga didukung keberadaan Fakultas yang berada di Kota Malang, Jawa Timur dengan iklim yang sejuk dan agroekologi yang menunjang sektor pertanian, peternakan, perikanan, dan kehutanan didukung pula oleh suasana kampus putih yang megah sangat ideal untuk belajar.


Wassalamu’alaikum wr. wb.


 Sejarah 
 Program Studi
  Visi, Misi, & Tujuan
 Dosen dan Staf
  Struktur Organisasi 
 Hubungi Kami
Shared: