Tuesday, June 05, 2012 15:09 WIB   Fakultas Pertanian-Peternakan

MASIH BARU: Sawitri Nilaswari memberikan penjelasan tentang CT Agro sebelum tes rekruitmen

Bisnis di sektor pertanian, khususnya kelapa sawit memang belum banyak yang melirik. Tapi, siapa sangka bisnis tersebut ternyata memiliki prospek yang sangat cerah di negeri yang kaya raya ini. Hal tersebut diungkapkan Sawitri Nilaswari, S.Psi., Direktur Selaras Mitra Integral (SMI) selaku partner perusahaan sawit CT Agro pada saat perekrutan mahasiswa di Aula Masjid Lantai 1 (21/5).

Sebelum tes perekrutan dimulai, ia menjelaskan keunggulan bisnis sawit yang digarap oleh CT Agro. “Bisnis sawit ini tidak mungkin bangkrut, karena sampai kapanpun bisa diambil panennya dan keuntungannya juga sangat besar sehingga bisa Break Even Point (BEP),” ungkapnya. Bisnis tersebut masih baru, tapi jika melihat prospeknya ke depan, Chairul Tanjung (CT) sebagai pemilik perusahaan berani masuk ke bisnis itu. Ia menambahkan, jika para lulusan menginginkan karir cemerlang, CT Agro yang berlokasi di Kalimantan Timur merupakan pilihan yang tepat untuk mengembangkan potensi diri.

Pada awal bekerja, level pertama yang akan ditempati adalah asisten tanaman untuk menjadi mandor yang membawahi siswa SMK atau pekerja. Karena perusahaan tersebut masih tergolong baru, jadi membutuhkan pemikiran-pemikiran yang baru juga dari para lulusan, sehingga mereka lebih leluasa untuk berkreasi. “Jadi sangat terbuka dan bagus untuk pengembangan potensi anda, khususnya bagi pertanian, dan anda sudah bisa dibilang tahap manajerial,” katanya.

Meski CT Agro perusahaan yang bergerak di bidang pertanian atau perkebunan, perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha Chairul Tanjung tersebut terbuka untuk jurusan lain, misalnya Manajemen, Teknik Informatika, Teknik Sipil, dan Teknik Mesin. Untuk manfaat dari kelapa sawit sendiri bisa digunakan sebagai bahan baku minyak.

Banyak fasilitas menarik yang ditawarkan oleh CT Agro. Selama bekerja, karyawan akan mendapat mobil dinas, rawat inap, tempat tinggal, THR, cuti dengan perjalanan pesawat pulang pergi, video conference ketika rapat, dan lain sebagainya. “Bagi anda yang ketika tidak bisa dihubungi oleh keluarga selama bekerja, CT Agro menyediakan fasilitas telepon satelit. Jadi keluarga anda tinggal menghubungi kantor pusat untuk disambungkan ke anda,” terangnya.

Perekrutan tersebut bersifat tetap, bukan kontrak. Jadi mereka yang telah diterima bisa bekerja seterusnya tanpa harus berpikir ikatan kontrak. Keberangkatan calon karyawan direncanakan Juni 2012 atau sebelum Lebaran.

 

Shared: