Mahasiswa Program Studi Kehutanan Fakultas Pertanian-Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang Meraih Juara 3 Tingkat Nasional Olimpiade Nusantara Sains dan Soshum Spesial Hari Pendidikan Nasional 20

Sabtu, 17 Juni 2023 01:58 WIB   Fakultas Pertanian-Peternakan

 

MALANG — Seorang Mahasiswa Program Studi Kehutanan Fakultas Pertanian-Peternakan kembali membanggakan almamater Universitas Muhammadiyah Malang, pasalnya Novita Safitri Handayani (2022) mendapatkan kemenangan Juara 3 Tingkat Nasional Olimpiade Nusantara Sains dan Soshum Spesial Hari Pendidikan Nasional 2023. Olimpiade Nusantara Sains dan Soshum Tingkat Nasional 2023 ini merupakan salah satu event kolaborasi yang diadakan anatara Badan Eksekutif Muda (BEM) Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto (UNSOED) dengan Bina Prestasi Nusantara. Olimpiade Nusantara Sains dan Soshum ini menjadi special event dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional 2023, olimpiade ini tersedia dalam berbagai macam bidang yaitu diantaranya untuk kalangan SMP/Sederajat (Matematika, IPA Umum, dan IPS Umum), untuk kalangan SMA/Sederajat (Fisika, Kimia, Biologi, Matematika, IPA Umum, Geografi, Sejarah, Sosiologi dan IPS Umum) dan untuk kalangan Mahasiswa (Fisika, Kimia, Biologi, Matematika, IPA Umum, Geografi, Sejarah, Sosiologi dan IPS Umum). Olimpiade Nusantara Sains dan Soshum Spesial Hari Pendidikan Nasional tersebut diadakan pada Minggu, 21 Mei 2023.

Novita Safitri Handayani (2022) pada kesempatan kali ini mengikuti dua jenis bidang perlombaan yaitu Matematika dan Biologi. Namun, pada kesempatan perlombaan di bidang biologi Novita belum mendapatkan hasil yang memuaskan, hal tersebut disampaikan oleh Novita yang mengatakan bahwa “Sebenernya saya mengikuti 2 bidang olimpiade yakni Biologi dan Matematika. Namun, hasil yang saya dapatkan pada bidang biologi kurang memuaskan. Tapi, pada bidang matematika alhamdulillah saya mampu meraih juara 3 tingkat mahasiswa secara nasional yang mana peserta yang mengikuti olimpiade tersebut dari berbagai universitas diseluruh Indonesia” ucapnya.

Keseriusan dan ketekunan Novita tersebutlah yang membuahkan hasil memuaskan, pasalnya Novita mengtakan bahwa dia telah memaksimalkan belajar untuk kesuksesan demi meraih kemenangan pada olimpiade tersebut walaupun saat itu Novita sedang disibukan dengan tugas perkuliahan.

Novita juga menyampaikan beberapa tips dan trik sebagai pemenang juara 3 agar dapat memaksimalkan usaha untuk mendapatkan prestasi kemenangan “Cara belajar yang saya lakukan adalah otodidak melalui mentor online di youtube dan belajar pada pembahasan olimpiade tahun lalu. Saya maksimalkan belajar tersebut walaupun sedang digempar dengan tugas tugas kuliah yang sangat banyak. Saya akan belajar melalui youtube di malam hari dan di pagi hari saya akan belajar pada buku pembahasan olimpiade tahun lalu serta mengingat kembali materi matematika sma. Saya belajar berlatih banyak soal latihan yang diberikan oleh mentor online di youtube dan pada pembahasan soal olimpiade tahun lalu” ucapnya.

Selain usaha yang tekun dan giat, tak lupa Novita juga selalu senantiasa berdoa kepada Tuhan agar selama pelaksanaan pelombaan olimpiade dapat berjalan dengan lancar. Namun dikarenakan waktu dan tempat perlombaan olimpiade ini dilaksanakan dalam jaringan (online) yang diawasi oleh kamera pengawas, Novita menceritakan bahwa dia mengalami kendala seperti adanya gangguan sinyal jaringan wifi serta gangguan kebisingan dari lingkungan sekitar tempat tinggal Novita.

Terlepas dari segala macam kendala, Novita tetap berhasil dan dapat mengerjakan dengan lancar soal-soal olimpiade tersebut hingga dia meraih juara 3 pada Tingkat Nasional Olimpiade Nusantara Sains dan Soshum Spesial Hari Pendidikan Nasional 2023 di hari itu. Novita menuturkan bahwa dia sangat senang dan sangat bersyukur atas capaian yang dia raih karena dimasa lalu dia merasa kurang beruntung “Saya sangat bersyukur dan sedikit terkejut sebenarnya waktu melihat pengumuman peserta olimpiade tersebut karena dari sma saya masih kurang beruntung untuk bisa mendapatkan juara dalam olimpiade. Dan akhirnya saya bisa mendapatkan kemenangan olimpiade tersebut saat kuliah di Universitas Muhammadiyah Malang” ucapnya.

Shared: