Fakultas Pertanian-Peternakan UMM Jalin Kerjasama Internasional dengan Empat Universitas dari Thailand

Senin, 28 Agustus 2023 03:04 WIB   Fakultas Pertanian-Peternakan

MALANG — Guna memperkuat kinerja di bidang kerjasama internasional, Fakultas Pertanian-Peternakan (FPP) Universitas Muhammadiyah Malang saat ini kembali melakukan kerjasama dengan beberapa Universitas di Thailand. Kerjasama ini sesuai dengan Indikator Kinerja Utama (IKU) yang dibuat oleh Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Antara lain indikator program studi kerjasama dengan kampus internasional, dosen berkegiatan di kampus luar negeri, dan pengalaman kuliah mahasiswa di luar negeri (student mobility). 

Tidak tanggung-tanggung, empat kampus yang berada di Thailand dikunjungi untuk langsung melakukan penandatanganan kerjasama maupun inisiasi kerjasama. Kunjungan ini membuka kesempatan mahasiswa di kedua Kampus untuk melakukan pertukaran pelajar dan program kredit transfer. Bagi dosen, kunjungan ini membuka kesempatan diselenggarakan kuliah tamu (guest lecture). Kampus pertama dan kedua yang dikunjungi antara lain Prince of Songkla University dan Silpakorn University. Agenda kegiatan penandatangan diikuti oleh seluruh jajaran Dekanat, Kepala Program Studi dan Sekretaris Program Studi yang ada di FPP UMM secara langsung di Thailand.

Gambar 1. Penandatanganan kerjasama antara Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang dengan Fakultas Sumber Daya Alam Universitas Prince of Songkla Thailand

Gambar 2. Penandatanganan kerjasama antara Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang dengan Fakultas Peternakan dan Teknologi Pertanian Universitas Silpakorn Thailand

Kampus ketiga yang dikunjungi oleh rombongan FPP adalah Chulalongkorn University dimana kampus ini akan menjalin kerjasama khususnya dengan Halal Science Center. Penandatanganan MoU rencananya akan dilakukan di kampus UMM ketika pelaksanaan Seminar Nasional Halal pada tanggal 5-6 September. Kerjasama dengan Halal Science Center ini untuk memperkuat kolaborasi penelitian terutama terkait uji forensik untuk menentukan produk tersebut halal atau tidak. Di level fakultas, FPP juga membuka peluang untuk kerjasama di bidang penelitian maupun pendidikan dengan Fakultas Sains yang terdapat di Chulalongkorn University.

Gambar 3. Kunjungan dan kerjasama antara Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang dengan The Halal Science Centre Chulalongkorn University Thailand.

Gambar 4. Inisiasi kerjasama antara Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang dengan Fakultas Sains Universitas Chulalongkorn Thailand

Kampus ke-empat yang dikunjungi adalah Universitas Kasetsart dimana dilakukan MoU antara Universitas Kasetsart dan UMM yang dihadiri langsung oleh Rektor UMM Prof. Dr. Fauzan, M.Pd. Penandatangan MoU semuanya guna mendukung kegiatan student mobility, kerjasama riset dengan masing-masing prodi sesuai dengan bidang keilmuan dan magang program dalam bentuk riset.

Gambar 5. Penandatanganan kerjasama antara Universitas Muhammadiyah Malang dengan Universitas Kasetsart, Thailand

            Dekan Fakultas Pertanian-peternakan Dr. Ir. Aris Winaya, MM. M.Si., IPU., ASEAN Eng ditemui usai kunjungan menjelaskan bahwa pertimbangan memilih kampus di Thailand adalah keunggulan masing-masing Universitas di bidang Pertanian dan Peternakan, selain itu kampus yang dipilih merupakan yang berada dalam peringkat QS terbaik di Dunia. Melalui kerjasama internasional tersebut diharapkan. dapat meningkatkan kolaborasi sehingga menciptakan inovasi dibidang keilmuan masing-masing yang membantu meningkatkan kualitas perguruan tinggi di Indonesia. Beberapa program kerjasama disepakati guna saling bersinergi antar kedua universitas sehingga nantinya dapat mempermudah melakukan kegiatan. Hasil dari jalinan kerjasama tersebut akan membuka peluang bagi seluruh mahasiswa Fakultas Pertanian-Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang untuk melakukan riset, pertukaran pelajar hingga seminar internasional yang berguna untuk meningkatkan taraf akademik.

Shared: