Fieldtrip, Bekal Mahasiswa Turun Lapangan

Jum'at, 23 Juli 2010 12:21 WIB   Fakultas Pertanian-Peternakan

Sosialisasi  PKL Jurusan Perikanan FPP

Fieldtrip, Bekal Mahasiswa Turun Lapangan

            Demi menjaga dan meningkatkan kualitas mahasiswa, Jurusan Perikanan Fakultas Pertanian-Peternakan (FPP) memberikan sosialisasi mengenai prosedur Praktek Kerja Lapangan (PKL) di GKB II, (05/04).           

            Dalam sosialisasi itu, para peserta adalah mahasiswa baru. Sehingga perlu diberikan gambaran mengenai PKL sejak dini. Ketua Jurusan (Kajur), Sri Dwi Hastuti menyatakan perlunya pembekalan kepada mahasiswa sebelum terjun ke lapangan. ”Mahasiswa harus diberitahu dulu mengenai realitas di lapangan, sebelum mereka benar-benar terjun ke lapangan,” ungkap wanita yang akrap disapa Wiwik itu.

            Lebih jauh, Wiwik menginformasikan jika bentuk pembekalan mahasiswa perikanan sudah dilakukan turun-temurun melalui fieldtrip. Fieldtrip sendiri adalah kuliah lapangan, dimana mahasiswa diajak berkeliling ke tempat-tempat yang berkaitan dengan jurusan. Menurut Wiwik, Fieldtrip yang dilakukan selama ini sangat terasa manfaatnya. “Untuk itu, kegiatan ini akan selalu menjadi agenda rutin Jurusan Perikanan,” katanya.

            Fieldtrip sangat membantu jurusan dalam menjalin kerja sama dengan beberapa instansi yang nantinya menjadi tempat PKL mahasiswa. Sehingga mahasiswa tidak kesulitan mencari tempat PKL lagi,” jelas wanita yang menjabat Kajur selama dua periode berturut-turut itu.

            Beberapa bentuk kerja sama yang terjalin dengan Jurusan Perikanan diantaranya, Balai Induk Udang Gala di Bangil, Balai Benih Ikan Tawar di Kepanjen,  Balai Besar Budidaya Laut di Bali, Unit Pelaksana Pembenihan Udang Windu di Situbondo serta beberapa Dinas Perikanan di Jawa maupun luar Jawa. Siti yuliana


Shared: