Gerakan Satu Juta Pengusaha

Senin, 13 Agustus 2012 15:27 WIB   Fakultas Pertanian-Peternakan



Begitu pentingnya wirausaha membuat Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Agribisnis berinisiatif untuk mengadakan kegiatan Kuliah Tamu Kewirausahaan yang menghadirkan pengusaha sukses, yaitu Rudik Setyawan, S.Si., M.Agr. dan Arif Rahman Hakim Polinggapo, di Aula BAU (16/5). Rudik Setyawan adalah pengusaha tahu asal Singosari, Malang yang diundang HMJ untuk memberikan wawasan seputar dunia usaha pada seluruh mahasiswa FPP, khususnya Agribisnis yang notabene erat dengan bisnis.

Rudik Setyawan memberikan pelatihan kepada civitas akademika fppumm tentang mental pengusaha

 

Bagi Rudik, ketika mahasiswa ingin memulai bisnis, modal utama adalah ide. “Jika anda bisa berinovasi dan kreatif untuk memasarkan produk, maka anda akan sukses berbisnis,” katanya. Menurut Ketua Pelaksana, Yaser Kasenda, mahasiswa Agribisnis angkatan 2010, mahasiswa mempunyai peran yang sangat penting untuk kemajuan bangsa dengan membuka lapangan kerja. “Kita menjalin kerjasama dengan program beasiswa usaha bagi mahasiswa yang mempunyai minat usaha,” ujarnya. Mahasiswa tidak hanya diberi pengetahuan usaha saja, tapi juga ada modal.

Alur pendaftaran untuk mendapatkan beasiswa usaha tersebut yang pertama adalah dengan mengikuti seminar yang bertajuk “Gerakan Satu Juta Pengusaha”. Kedua, pembekalan bidang usaha yang dipilih. Keempat, pelatihan dan magang di tempat usaha selama dua bulan. Waktu dapat diatur secara fleksibel. Yang terakhir adalah pencairan modal usaha awal. 

 

 



Shared: