Harus Tahu !!! 10 skills yang paling dibutuhkan di 5 tahun kedepan.

Kamis, 11 Juni 2020 14:14 WIB   Fakultas Pertanian-Peternakan

Setelah kuliah ingin menjadi orang yang banyak dicari perusahaan ? atau ingin jadi pebisnis yang banyak diincar investor ? Kenali dulu seperti apa era 5 tahun kedepan. Kemudian pelajari apa yang perlu kamu siapkan.


Tahukah kamu saat ini kita sedang bergerak dalam era yang serba digital. Beberapa kalangan menyebutkan kita sedang menuju peradaban atau era Society 5.0, apa itu ? Belum cakap kita dengan istilah industri 4.0 sekarang sudah dihadapkan era baru. Society 5.0 menawarkan masyarakat yang berpusat pada manusia yang membuat seimbang antara kemajuan ekonomi dengan penyelesaian masalah sosial melalui sistem yang sangat menghubungkan melalui dunia maya dan dunia nyata. Jika revolusi industri 4.0 menggunakan kecerdasan buatan (artificial intellegent) sedangkan society 5.0 memfokuskan kepada komponen manusianya.

Lantas dengan pesatnya perkembangan jaman ini apa yang harus kita miliki agar dapat bersaing dan bertahan ataupun agar menjadi pemenang di era tersebut ?. Nih.. simak uraian singkat tentang 5 hard skills yang wajib kamu miliki karena orang yang memiliki skills tersebut nantinya akan paling banyak dicari.

1. Cloud Computing

Cloud arti kata dari awan yang diartikan sebagai wadah dalam internet yang tak terbatas, sedangkan Computing adalah proses penyelesaian suatu pekerjaan menggunakan komputer. Sehingga Cloud Computing dapat diartikan sebagai sebuah proses pengolahan daya komputasi  melalui jaringan internet yang memiliki fungsi agar dapat menjalankan program melalui komputer yang telah terkoneksi satu sama lain pada waktu yang sama. Saat ini para farmer, distributor maupun market sudah terhubung langsung melalui internet. Data analisis lapang sudah banyak yang disimpan di cloud sehingga dapat dianalisis kapanpun dan dimanapun.

2. Artificial Intelligence

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan dapat diartikan sebagai kemampuan sistem untuk menafsirkan data eksternal dengan benar, untuk belajar dari data tersebut, dan menggunakan pembelajaran tersebut guna mencapai tujuan dan tugas tertentu melalui adaptasi yang fleksibel. Penerapan AI melalui smart farming yang mengintegrasikan operasi alat-alat pertanian/peternakan/pertambakan sudah automatisasi. Pemantaauan kondisi kolam, sawah, kandang ataupun hewan dan tanaman yang dibudidaya cukup dengan menggunakan gadget.

 
 

3. Analytical Reasoning

Penalaran analitis mengacu pada kemampuan untuk melihat informasi, baik itu kualitatif atau kuantitatif, dan pola yang membedakan dalam informasi. Penalaran analitis melibatkan penalaran deduktif tanpa pengetahuan khusus, seperti: memahami struktur dasar dari serangkaian hubungan; mengakui pernyataan yang setara secara logis; dan menyimpulkan apa yang mungkin benar atau harus benar dari fakta dan aturan yang diberikan.

4. People Management

Smart farmer dituntut untuk dapat mengelola tidak hanya objek produksi namun juga sumberdaya manusia (SDM) yang dikerahkan. Pengelolaan SDM yang baik akan dapat mengoptimalkan pemanfaatan SDM, peningkatan produktivitas dan tentunya kesejahteraan perusahaan maupun karyawan dan mitra farmer.

  

5. UX (User Experience) Design

Skill UX Design merupakan kemampuan seseorang untuk mengolah informasi yang berasal dari pengguna untuk menghasilkan keputusan-keputusan yang berorientasi kepada pemuasan pengguna, seperti halnya design produk, kemudahan penggunaan, fungsi dan lainnya.

 

Bidang pekerjaan kan sangat banyak macamnya, apa benar dengan skill diperlukan jika saya ingin sukses di bidang Agriculture ?

Yups... pasti !! Faktanya baik bidang Perikanan, Pertanian, Peternakan, Kehutanan, Pangan maupun Ekonomi Bisnisnya saat ini telah banyak memanfaatkan skill tersebut. Produksi pangan, modern farming, integrated farming kini menuntut orang cakap dengan dunia internet, gadget, komputer, robotik dan lainnya.

Jadi itulah 5 hard skills yang harus kamu miliki dan tentunya semua bisa kamu raih dan asah saat belajar di Fakultas Pertanian-Peternakan UMM.

Looh... katanya 10 skills ?? kok cuma 5 ??
hmm yang 5 lagi adalah soft skills, cek ulasan berikutnya di .....

Shared: