Jangan Salah Pilih

Senin, 02 April 2012 12:52 WIB   Fakultas Pertanian-Peternakan

PRESENTASI : Dosen ITP, M. Wachid (kiri) sedang mempresentasikan alat tes pangan pada siswa MAN 2 Probolinggo.

Fakultas Pertanian-Peternakan (FPP) tak henti-hentinya kedatangan kunjungan dari institusi pendidikan untuk dijadikan tujuan belajar setelah lulus dari SMA. Kali ini dari MAN 2 Probolinggo (26/12/2011). “Ketika pertama kali saya datang ke kampus ini, saya kagum sekali. Selain bersih, juga full AC dan asri pula,” ujar Syaiful, Wakil Kepala Sekolah MAN 2 Probolinggo dalam sambutannya mengagumi keindahan UMM.

Rombongan yang berjumlah 135 siswa-siswi, ditambah tujuh guru, yang terdiri dari kelas IPA dan Bahasa disambut oleh Dekan FPP, Damat, beserta beberapa dosen Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP). “Sebenarnya peserta yang ikut 125, tapi karena banyak yang penasaran dengan UMM, pesertanya pun tambah jadi 135,” terang pria berkacamata tersebut.

Masih Syaiful, ia ingin agar dekan bisa memberikan pengetahuan tentang FPP sekaligus motivasi kepada semua siswa agar lebih semangat lagi untuk menuntut ilmu setelah lulus dari SMA. Dalam sambutannya juga, ia menghimbau dengan bahasa Inggris kepada seluruh siswa bahwa perjalanan mereka dalam hal belajar masih sangat panjang. “Never stop to learn, especially English, because it is very important and you still young,” tegasnya disambut tepuk tangan peserta.

Setelah sambutan dari pihak sekolah, Damat menjelaskan tentang memilih program studi (prodi) di FPP. “Ketika anda memilih prodi, pastikan sudah terakreditasi, karena kalau tidak, tidak akan bisa memperoleh ijasah,” ujarnya. Akreditasi merupakan salah satu bentuk penilaian atau evaluasi mutu dan kelayakan institusi perguruan tinggi (PT) atau prodi yang dilakukan oleh organisasi atau badan mandiri di luar PT.

Yang perlu diingat adalah tidak semua prodi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sudah terakreditasi. Beberapa lembaga atau instansi pemerintah mensyaratkan lulusan dari jurusan yang telah terakreditasi, minimal B. “UMM sendiri telah berhasil mendapat predikat Anugrah Kampus Unggulan (AKU) selama empat tahun berturut-turut sekaligus terakreditasi B,” kata dosen yang tinggal di Batu tersebut.

Tidak hanya itu, UMM juga menjalin kerjasama dengan sebagian PT di Eropa melalui program Erasmus Mundus hingga 2015 dalam bentuk pertukaran pelajar dan dosen. FPP sendiri menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan yang begerak di sektor pertanian-peternakan maupun non pertanian-peternakan, seperti P.T. Bumitama Gunajaya Agro (BGA), P.T. Wonokoyo Group, BRI, dan lain sebagainya.

Shared: