LSO Hipotesa dan BEM Fakultas Pertanian Peternakan UMM Sukses Selenggarakan Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional "Sination"

Jum'at, 19 Mei 2023 02:34 WIB   Fakultas Pertanian-Peternakan

Foto Bersama Peserta LKTI 2023 Via Zoom Meeting (Dokpri)

MALANG — BEM Fakultas Pertanian-Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang menyelenggarakan LKTI nasional secara online. LKTI nasional ini diselenggarakan untuk siswa SMA dan mahasiswa se-Indonesia. Timeline pendaftaran perlombaan LKTI nasional ini dilakukan dari tanggal 17 Februari - 23 Maret 2023. Kemudian, dilanjutkan ke tahap pengumuman lolos abstrak pada tanggal 1 April 2023. Dilanjutkan pada tanggal 17 April 2023 pengumuman finalis setelah adanya pengumpulan full paper pada tanggal 3 - 10 April 2023. Lalu, pada tanggal 12 Mei 2023 dilakukan technical meeting. Pengumuman final pemenang dilaksanakan pada tanggal 13 Mei 2023 secara online.

Ketua pelaksana Sination 2023, Dyas Nurhidayah Putri, menyebutkan bahwa LKTI ini termasuk serangkaian kegiatan dari Sination 2023. Kegiatan ini juga merupakan program kerja gabungan antara BEM Fakultas Pertanian-Peternakan dan juga LSO Hipotesa FPP di bawah ruang lingkup Fakultas Pertanian-Peternakan UMM.

“LKTI ini diikuti oleh 198 peserta yang di antaranya 89 siswa dan 109 mahasiswa. Yang lolos finalis grand final ada 10 peserta per-kategori. Terakhir dari saya, selamat untuk peserta yang lolos menjadi finalis dan semangat menampilkan presentasi terbaiknya pada grand final.” Ujar Dyas selaku Ketua Pelaksana Sination 2023.

Abdul Karim, yang lebih akrab disapa Karim selaku Ketua BEM Fakultas Pertanian-Peternakan mengharapkan bahwa semoga ajang ini tidak berhenti di tahun ini saja, tetapi semoga dapat terus berkelanjutan kedepannya.

Bapak Dr. Ir. Aris Winaya, M.M., M.Si., IPU. selaku Dekan Fakultas Pertanian Peternakan UMM menyampaikan bahwa dalam kegiatan final ini tentunya tidak mungkin semua akan menjadi juara 1, pastinya akan ada yang menang dan kalah. Dalam kompetensi ini adalah suatu hal yang biasa, tentunya akan ada yang lebih unggul. “Apabila kegiatan ini dilakukan secara luring mungkin akan lebih seru bertatap muka langsung dengan teman-teman semua, tetapi tentunya semua akan ada konsekuensinya yang akan berimplikasi dengan biaya dan juga waktu. Jadi, dengan adanya sarana teknologi digital ini insyaa Allah akan lebih mempercepat proses dan pelaksanaannya.” Tambah Bapak Aris selaku Dekan Fakultas Pertanian Peternakan UMM.

Juara pada ajang ini juga dibagi menjadi dua kategori, yaitu kategori siswa dan mahasiswa. Tiap kategorinya terdapat masing-masing lima tim yang mendapatkan penghargaan. Penghargaan tersebut di antaranya juara utama, yaitu juara 1, 2, dan 3, penghargaan presentasi terbaik, dan tim favorit.

Foto Bersama dengan Para Pemenang Kategori Mahasiswa (Dokpri)

Pada kategori mahasiswa, juara 1 nya berhasil diraih oleh Tim Universitas Trunojoyo Madura dengan judul karya “Formulasi Fleur de Sel (bunga garam) dan vitamin B kompleks lorjuk (Solen spp.) sebagai imunostimulan intramuscular dalam upaya pencegahan wabah PMK dan LSD pada sapi madura” yang diketuai oleh Ika Masruroh. Kemudian, juara 2 berhasil diraih oleh Tim Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya dengan judul karya “Pemanfaatan Tepung Bahan Lokal Indonesia sebagai Binder Beras Restrukturisasi Berbasis Beras Menir untuk Mendukung Ketercapaian Sustainable Development Goals” yang diketuai oleh Fransisca Felicia Handoko. Pada juara 3 berhasil diraih oleh Tim Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dengan judul karyanya “OBSAFER: Pembangkit Listrik Tenaga Hidrogen dari Limbah Jerami Kedelai dan Limbah Cair Tahu di Kabupaten Kediri sebagai Upaya Mendukung Terwujudnya Ketahanan Energi” yang diketuai oleh M. Aldi Nugroho.

Foto Bersama dengan Para Pemenang Kategori Siswa (Dokpri)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto Bersama dengan Para Pemenang Kategori Mahasiswa dan Siswa dalam Kategori Presentasi Terbaik (Dokpri)

Foto Bersama dengan Para Pemenang Kategori Mahasiswa dan Siswa dalam Kategori Tim Favorit (Dokpri)

Tidak sampai di situ, masih ada kategori juara presentasi terbaik dan juga tim favorit. Pada kategori mahasiswa, juara presentasi terbaik diraih oleh Tim dari Universitas Negeri Semarang dengan judul karya “Implementasi Inovasi Integration Agriculture and Nutrient Sensor (IANS) Berbasis WebGIS Sebagai Upaya Peningkatan Produktivitas Hasil Panen Guna Mewujudkan Pertanian Modern SDGs 2030” yang diketuai oleh Fajar Wahyushi Fuedsi. Juara Tim Favoritnya diberikan kepada Tim dari Universitas Hasanuddin dengan judul karya “Integrasi Sistem Kendali Fuzzy Logic pada Smart Fogponic untuk Peningkatan Produktivitas Tanaman Hortikultura” yang diketuai oleh Yuliana Mahmuddin.

Sedangkan pada kategori siswa, juara presentasi terbaiknya diraih oleh Tim dari SMAN 1 Pacet dengan judul karya “BOKASHI KOHESA-EM4 sebagai Kompos Alternanthera Sissoo dalam Upaya Optimalisasi SDGS Desa Pandanarum yang diketuai oleh Lailatul Nury Hidayah. Juara Tim Favorit diberikan kepada Tim dari SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo dengan judul karya “LIBIARTA: Lilin Aromaterapi dari Ekstrak Daun Patikan (Euphorbia hirta L) sebagai Penangkal Nyamuk Secara Alami.

 

Shared: