Selamat Datang, Agen Perubahan!

Selasa, 18 September 2012 13:37 WIB   Fakultas Pertanian-Peternakan

KENALKAN KAMPUS: Rektor UMM Muhadjir Effendy memberikan sambutan pada seluruh mahasiswa baru FPP

 

Memasuki tahun ajaran baru 2012-2013, setiap fakultas di UMM selalu menyelenggarakan pengenalan studi mahasiswa baru (pesmaba). Tujuannya untuk mengenalkan kepada maba tentang kehidupan “dunia baru” yaitu kampus beserta perkuliahannya. Salah satunya adalah FPP. Sebanyak lebih dari 400 maba berkumpul di aula rumah susun mahasiswa (rusunawa) milik UMM. Mereka tidak hanya dibekali wawasan tentang perkuliahan saja, tetapi juga diberi motivasi agar mereka bersemangat dalam menjalani perkuliahan.

            Pada pembukaan pesmaba FPP (6/9), Dr. Ir. Damat, MP mengucapkan selamat datang kepada para maba. “Saat ini anda berada di kampus yang sistemnya berbeda jauh dari SMA. Saya harap anda bisa mengikuti seluruh kegiatan pesmaba ini dan perkuliahan dengan baik,” katanya dosen Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP) tersebut saat upacara pembukaan. Sedangkan sesi motivasi, Ir. Rahmad Pulung Sudibyo, SP, MP didapuk menjadi pembicara.

            Ia mengatakan bahwa Indonesia adalah negara yang sangat kaya dalam Sumber Daya Alam. Namun, ia menyesalkan negeri ini masih sering mengimpor hampir semua kebutuhan pokok dari luar negeri. “Ikan dan tanaman apa yang tidak ada di Indonesia, hampir semuanya ada, kecuali pohon kurma,” jelasnya. Sebenarnya, lanjutnya, petani ingin menanam berbagai macam tanaman di tanah Indonesia tapi enggan dikarenakan pemerintah kurang mendukung. Ia juga berharap sekaligus mengimbau pada seluruh maba agar ketika mereka jadi pemimpin harus memperjuangkan petani.

            “Anda harus sadar bahwa kita semua adalah makhluk ciptaan Allah paling sempurna,” tegasnya. Selama memberikan motivasi, ia menunjukkan video tentang orang-orang cacat yang bisa mengatasi rintangan, baik menjadi atlet maupun menghasilkan sesuatu. “Jika orang cacat saja bisa, apalagi anda yang sempurna,” tandasnya dengan nada tinggi penuh semangat. Allah memang tidak pernah menciptakan produk gagal. Selamat datang, agen perubahan! 

Shared: