Tambah Guru Besar, FPP Pantas disebut Gudang Profesor

Jum'at, 18 September 2020 18:15 WIB   Fakultas Pertanian-Peternakan

Prof. Dr. Ir.Elfi Anis Sa'ati, MP dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Teknologi Hasil Pertanian oleh Rektor UMM

     FPP merasakan bangga dan bahagia yang luar biasa karena mendapatkan tambahan Guru Besar lagi. Bertempat di jembatan GKB I, Prof.Dr.Ir. Elfi Anis Sa’ati, MP telah dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Teknologi Hasil Pertanian. Hal ini membuat FPP semakin mantap dalam menjalankan visi sebagai fakultas yang bereputasi ASEAN dalam pengembangan dan penerapan IPTEKS di bidang Pertanian-Peternakan Terpadu, Perikanan dan Kehutanan, serta teknologi Pengolahan dan Pemasaran  Pangan yang berkelanjutan berdasarkan nilai-nilai Islam.

 

     Acara pengukuhan Elfi dibuka oleh Rektor UMM, Dr.Ir.Fauzan MPd. Kegiatan tersebut dihadiri wakil rektor I, II, III, dan IV, Dewan Guru Besar UMM, Badan Pembina Harian UMM, para Dekan, bahkan Kepala LLDikti Wilayah VII juga turut hadir.  Dalam kegiatan tersebut Dr.Nazaruddin Malik, SE.Msi, Wakil Rektor II membacakan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No 147141/MPK/KP/2019 tentang kenaikan jabatan akademik/fungsional dosen dari Elfi Anis Sa’ati yang sebelumnya Lektor Kepala menjadi Guru Besar.

Prof Elfi Anis Sa'ati (tengah) bersama Dekan FPP dan 7 Guru Besar FPP

     Sementara riwayat hidup Prof Elfi Anis Sa’ati dibacakan oleh Dr. Ir. David Hermawan, MP.IPM selaku Dekan FPP. “Prof Elfi sudah mengabdi di UMM selama 29 tahun. Beliau menjadi Guru Besar ke delapan di FPP”, ungkapnya. David juga mengungkapkan bahwa pencapaian Elfi menjadi Profesor melewati kerja keras. “Beliau sangat aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan, bahkan H-2 sebelum pengukuhan Prof Elfi masih mengisi kegiatan pengabdian di Kabupaten Malang”, tambahnya. Beberapa karya Elfi banyak berkaitan dengan pewarna makanan alami yang berasal dari pigmen bunga.

 

     Setelah Elfi dikukuhkan oleh Rektor UMM, sambutan oleh Prof. Dr. Ir. Suprapto, DEA selaku  Kepala LLDikti Wilayah VII pun disampaikan. “Prof Elfi ini mempunyai karakter yang kuat yang ditunjukkan dengan kokohnya dalam memperjuangkan pigmen yang menjadi ciri khas lokal”, ujarnya. “Saya rasa Prof Elfi ini tidak hanya bisa diajukan sebagai staf ahli di UMM, tapi minimal jadi staf ahli di Kementerian Kesehatan, atau bahkan patut diajukan sebagai Menteri Pertanian”, kelakarnya. (RAN/hum)

Shared: