2 Tim Program Kreativitas Mahasiswa FPP lolos PIMNAS 2020

Jum'at, 20 November 2020 11:40 WIB   Fakultas Pertanian-Peternakan

Salah satu Tiim PKM FPP lolos PIMNAS didampingi oleh Dekan FPP (baju putih) dan Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan dan Alumni (paling kanan)

     Pengumuman tentang peserta pekan ilmiah mahasiswa nasional (PIMNAS) tahun 2020 telah dirilis oleh Ditjen Belmawa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Berdasar SK Nomor 2414/J3//2020 tentang PENETAPAN PESERTA PEKAN ILMIAH MAHASISWA NASIONAL TAHUN 2020, maka dari 8 tim UMM yang lolos PIMNAS, 2 diantaranya berasal dari FPP. Menurut Ir. Henik Sukorini, MP.PhD selaku Wakil Dekan III bagian kemahasiswaan, kedua tim FPP yang lolos PIMNAS ini ini mengusung format PKMPE (PKM Penelitian).

     Tim yang pertama dari jurusan Budidaya Perairan digawangi oleh Wanda Rahmania dengan didampingi oleh dosen Dr.Hany Handajani, SPi.Msi.  Judul PKM yang diusung di tim pertama adalah Efektifitas Pemberian Ekstrak Daun Terong Cepoka (Solanum torvum) Pada Feminisasi Ikan Betok (Anabas testudineus). Sementara tim kedua berasal dari jurusan Agroteknologi diketuai oleh Qudrat Aini dan Dr.Ir. Wahono, MT sebagai dosen pembimbing. Judul PKM dari tim kedua yakni tentang Pengaruh Pengaturan Nutrisi dan Kelembaban media Tanam Hidroponik secara Otomatis terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Melon (Cucumis melo L).

     Persiapan menuju ke PIMNAS sudah dilakukan, baik dari internal tim, fakultas maupun universitas. Menurut Wanda Rahmania mewakili kedua Tim FPP, persiapan untuk pimnas yang sudah dilakukan diantaranya menyiapkan materi ppt yang akan di presentasikan, mental yang kuat dan penguasaan terhadap materi penelitian. Sementara dukungan dari fakultas yaitu memberikan dispensasi untuk tidak mengikuti perkuliahan ketika kami sedang melakukan persiapan pelatihan presentasi pimnas. Tak hanya itu, untuk persiapan PIMNAS ini, UMM menyediakan reviewer internal,  tim desain poster sarana dan prasarana seperti ruangan dan laptop untuk presentasi pra PIMNAS.

     Dukungan dari dosen pembimbing pun menjadi hal yang penting, dengan tetap memberi semangat serta memberi saran untuk narrative review,  poster,  dan laporan akhir.  “Lolosnya 2 tim PKM FPPini, patut disyukuri, meskipunjugamenjadi tugas berat”, ungkap Hany. “Untuk itu, kami akan siapkan tim FPPsebaik mungkin agar bisa meraih hasil maksimal di PIMNAS ke-33 ini," timpal Wahono.(RAN/hum)

Shared: