CP Prima Siap Rekrut Alumni UMM dan Sekolah Udang

Jum'at, 19 Agustus 2022 20:44 WIB   Fakultas Pertanian-Peternakan

 

 

Dok Humas UMM

Sumber daya manusia (SDM) untuk Industri tambak udang saat ini masih sangat kurang. Oleh karena itu peluang pekerjaan di bidang ini sangat menjanjikan. Utamanya bagi lulusan sarjana yang memiliki pengetahuan dan juga pengalaman di industri ini. Hal tersebut disampaikan kepala sekolah program Professional Aquaculture Training (PACT) Ir. Firmansyah, M.Sc. pada kegiatan Open Rekrutmen hasil kerja sama Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan PACT PT. Proteina Prima (CP Prima) Tbk. Adapun seleksi yang dilaksanakan pada Senin (15/8) ini diperuntukkan bagi calon wisudawan dan lulusan dari kelas profesional udang program studi akuakultur UMM.

Sejak penandatangan kerjasama antara keduanya pada April lalu, UMM dan CP Prima terus melangsungkan kegiatan. Salah satunya open rekrutmen yang sudah memasukin batch kedua ini. Firman mnenjelaslkan bahwa terdapat dua tahapan seleksi berupa pelatihan yang akan dilalui para pelamar. Pertama, pelamar akan masuk pada program in class training (ICT) selama dua minggu dan akan belajar mengenai teori budidaya tambak udang yang terdiri dari 22 silabus. Kemudian dilanjutkan dengan program on job training (OJT) selama enam bulan untuk turun lapang menjadi calon teknisi yang setiap harinya akan dimonitor.

“Biaya proses pelatihan bagi semua pelamar akan ditanggung oleh perusahaan dan mereka juga akan menerima uang saku. Selain itu, pelamar yang dinyatakan lulus akan langsung melakukan tanda tangan kontrak dengan perusahaan dan diterima sebagai teknisi untuk langsung bekerja,” ungkap Firman.

Lebih lanjut, Firman menjelaskan pada rekrutmen kali ini, perusahaan hanya menerima 25 pelamar yang mendaftar dari seluruh universitas yang telah bekerja sama dengan perusahaan. Namun dari perusahaan sendiri tidak membatasi jumlah pelamar dan yang akan diterima dari setiap universitas. Jadi bukan tidak mungkin, jika nantinya banyak pelamar dari kampus putih bisa lolos dan diterima di perusahan PT. CP Prima.

 “Saya harap lulusan dari UMM bisa banyak diterima dan memiliki komitmen yang tinggi. Karena pada program ini yang kami cari adalah orang-orang yang memiliki passion, jujur, disiplin, bertanggung jawab dan kesungguhan bekerja dalam industri ini,” tegas Firman.

Terakhir, Firman mengucapkan terima kasih kepada Kampus Putih UMM karena sudah menyiapkan lulusan-lulusan yang punya nilai lebih. Apalagi dengan adanya sekolah udang yang memberikan banyak hal positif bagi mahasiswa. Ia berharap, kerjasama dan kepercayaan antara keduanya bisa berlanjut dan memberikan manfaat pada masing-masing pihak.

Disisi lain, Kepala Center of Excellence UMM Dr. Ir. Damat, M.P juga mengucapkan banyak terima kepada tim rekrutmen PT. PC Prima karena mau merekrut tenaga baru dari alumni UMM. Ia juga berpesan kepada para pelamar untuk mengambil kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. 

“Perlu diingat juga, ketika nantinya diterima, kalian tidak hanya membawa nama baik sendiri tetapi juga membawa nama baik almamater. Jagalah amanah dan juga kepercayaan ini dengan baik,” pesan Damat. (zak/wil)

 

 

 

 

Shared: