Dua Jurnal (Agriecobis dan IJOTA) di FPP raih akreditasi SINTA

Rabu, 03 Februari 2021 09:57 WIB   Fakultas Pertanian-Peternakan

Agriecobis dan IJOTA termasuk dalam jajaran jurnal UMM yang terakreditasi SINTA

     Dua dari enam jurnal yang ada di Fakultas Pertanian Peternakan (FPP) berhasil meraih akreditasi SINTA.  Kedua jurnal tersebut dirintis pada tahun 2018. Jurnal yang mendapat akreditasi tersebut adalah Journal of Agricultural Socioeconomics and Business (Agriecobis) dari jurusan Agribisnis. Sedangkan satunya berasal dari jurusan Budidaya Perairan yakni Indonesian Journal of Tropical Aquatic (IJOTA). Jurnal dari Agribisnis mendapatkan akreditasi SINTA 4, sementara jurnal dari Budidaya Perairan meraih SINTA 5.

     Jurnal Agriecobis yang digawangi oleh Dr.Ir.Rahayu Relawati, MM mencakup bidang Agribisnis, Sosial Pertanian, dan Ekonomi Pertanian. Selain itu jurnal ini juga meliputi hasil Penyuluhan,  Pembangunan Pedesaan, Sosiologi Pedesaan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, dan Kewirausahaan. Sedangkan jurnal IJOTA yang dipimpin oleh Dr. Hany Handajani, S.Pi., M.Si memuat hasil penelitian Budidaya (Nutrisi Ikan, Kesehatan dan Penyakit Ikan, Kualitas Air, Peningkatan dan Pembiakan Genetika Ikan, Teknik Perikanan dan Bioteknologi). Tak hanya itu, Ilmu Akuarium, Ekologi Perairan (Kelautan, Payau, Air Tawar), Konservasi Perairan Sumberdaya dan Pengelolaan Pesisir juga menjadi ruang lingkup di jurnal IJOTA.

     Menurut Dr.Ir. Aris Winaya, MM.MSi selaku wakil dekan I FPP bidang akademik, kedua jurnal tersebut menjadi pionir untuk jurnal yang lain. “Patut kita syukuri di FPP sudah ada dua jurnal yang terakreditasi, semoga empat jurnal yang lain terpacu juga,” ungkapnya. (RAN/hum)

Shared: