FPP dan Arhanud Kolaborasi Dukung Merdeka Belajar

Kamis, 16 Desember 2021 07:47 WIB   Fakultas Pertanian-Peternakan

Kunjungan FPP ke Arhanud

     Pasca pelaksanaan pendidikan bela negara di Pusat Pendidikan Artileri Pertahanan Udara (Pusdik Arhanud), Malang selama 1 minggu untuk mahasiswa baru FPP, pihak Dekanat FPP melakukan kunjungan ke Arhanud pada Jumat (10/12). Menurut Dekan FPP, Dr. Ir. Aris Winaya, MM. MSi. IPU, kunjungan ini sebagai ajang silaturahmi untuk perwujudan rasa terima kasih FPP kepada pihak Arhanud atas pelayanan prima dan baik selama penyelenggaraan bela negara. Hal ini terbukti dengan kepuasan walimaba atas kegiatan ini. Selain itu sekitar 600 peserta maba, semuanya dalam kondisi sehat, meskipun di awal terdapat 2 mahasiswa yang sempat mengalami sakit karena proses adaptasi.

     Kerjasama antara kedua pihak ini akan tetap terjaga, sehingga kegiatan bela negara tiap tahunnya diharapkan bisa dilaksanakan di Arhanud. Selain lokasi Arhanud yang dekat dengan UMM, fasilitas berupa sarana dan prasarana di Arhanud juga memadai. Tak hanya menjadi tempat untuk kegiatan bela negara, FPP juga berharap terdapat kolaborasi dalam hal pengabdian. Brigjen Elman Nahendra juga menyambut dengan baik tawaran ini. Menurutnya suatu hal yang patut dijaga, karena FPP telah mempercayakan Arhanud sebagai lokasi bela negara.

     Hasil kunjungan FPP ke Arhanud, tercetus suatu pemikiran untuk menyediakan kegiatan MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) dalam bentuk kegiatan bela negara selama 6 bulan. Meskipun masih berupa wacana, kedua pihak sepakat jika akan diadakan bela negara di Arhanud untuk mahasiswa FPP selama 6 bulan. Kegiatan ini nantinya akan bisa dikoneversi ke mata kuliah tertentu. “Jika kegiatan bela negara 6 bulan ini direalisasikan menjadi MBKM, maka perlu dibuat panduan MBKM nya”, ujar Aris. (RAN/hum)

Shared: