FPP Melakukan Sosialisasi Program Unggulan (terkait CoE) ke SMA-SMA di Blitar, Situbondo dan Probolinggo

Rabu, 08 Februari 2023 19:35 WIB   Fakultas Pertanian-Peternakan

  

MALANG — Fakultas Pertanian Peternakan UMM melakukan kunjungan ke SMA-SMA pilihan yang ada di Blitar, Situbondo, dan Probolinggo untuk melakukan sosialisasi program unggulan fakultas. Pada tanggal 1 Februari, SMA yang dikunjungi oleh tim sosialisasi ini, yaitu SMA Muhammadiyah 1 Blitar, SMAN 2 Blitar, dan SMAN 3 Blitar. Kemudian, berlanjut di tanggal 6 Februari tim sosialisasi mengunjungi SMAN 1 Situbondo, MAN 2 Situbondo, dan SMA Muhammadiyah Panji Situbondo. Terakhir, pada tanggal 7 Februari tim sosialisasi mengunjungi SMAN 4 Probolinggo. Tim sosialisasi ini beranggotakan tim humas FPP dari Universitas Muhammadiyah Malang. Adanya program unggulan Center of Excellent atau yang biasa disingkat dengan CoE ini bertujuan untuk mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Perlu diketahui bahwa seluruh program studi yang ada di Fakultas Pertanian Peternakan UMM ini masing-masing mempunyai program Center of Excellent (CoE)-nya sendiri. Adanya program CoE pada setiap program studi ini memiliki tujuan agar mahasiswa dan para peserta yang mengikuti CoE dapat merasakan praktek kerja dan magang di perusahaan secara langsung.

Pada kesempatan kunjungan sosialisasi ini, Humas FPP memperkenalkan bahwa saat ini telah terdapat enam kelas CoE yang sudah berjalan, yaitu kelas profesional unggas, kelas profesional udang, kelas profesional kakao, kelas profesional industri produksi benih tanaman, kelas profesional ekspor produk agrokomplek, dan kelas profesional essential oil. Kelas-kelas profesional yang dibentuk oleh setiap program studi yang ada pada Fakultas Pertanian Peternakan UMM ini diarahkan untuk membimbing agar memiliki keunggulan kompetitif sebagai modal tambahan untuk bertarung dalam dunia persaingan global yang semakin kesini semakin berkembang.

Pak Ramli Selaku Pemateri sedang Memaparkan Informasi Mengenai CoE FPP UMM (Dokpri)

“Adanya komponen-komponen penting yang nantinya akan kita pelajari dalam kelas profesional industri produksi benih tanaman ini ada penelitian dan pengembangan tanaman, produksi benih sumber, produksi benih sebar, pengolahan dan penyimpanan benih, dan nantinya akan diajarkan sampai pemasaran,” Ujar Pak Ramli selaku pemberi materi

Kegiatan sosialisasi ini memperkenalkan seputar kelas Center of Excellent (CoE) yang ada di Fakultas Pertanian Peternakan UMM kepada para siswa-siswi di SMA-SMA yang dituju. Dari respon yang dilihat, para siswa terlihat sangat-sangat antusias dengan pemaparan tentang program CoE yang ada di FPP UMM ini. Mereka ingin tahu lebih jauh tentang program tersebut, karena selain diberi beasiswa CoE, mereka juga dapat belajar langsung di lokasi mitra industri selama satu semester.

Sosialisasi yang diberikan kepada siswa-siswi tersebut tidak hanya seputar Center of Excellent (CoE) saja. Namun, tim sosialisasi juga memberikan informasi tentang fasilitas-fasilitas akademik apa saja yang ada pada setiap program studi di Fakultas Pertanian Peternakan UMM. Tentunya, fasilitas-fasilitas akademik yang ada pada setiap program studi ini akan sangat menunjang kebutuhan akademik para mahasiswa dalam kegiatan belajar mengajarnya sehingga masing-masing program studi akan menyediakan seluruh fasilitas-fasilitas penunjang yang dibutuhkan oleh para mahasiswanya.

Shared: