Kerjasama dengan Sunny Side Farm, Mahasiswa Kehutanan FPP mengawali program Internship ke Jepang

Sabtu, 21 Mei 2022 21:11 WIB   Fakultas Pertanian-Peternakan

Nadira Alya Natyas, salah satu peserta program Internship ke Sunny Side Farm, Jepang

Fakultas Pertanian Peternakan, UMM bekerja sama dengan perusahaan Sunny Side Farm sepakat untuk mengadakan program Internship. Tujuan dari program Internship ini adalah untuk mempelajari hubungan erat antara pengetahuan khusus dan ketrampilan praktis dengan menjalani pelatihan praktis selama periode program, untuk mengembangkan peserta yang bekerja dengan kemampuan praktis setelah kembali ke Indonesia. Program ini akan dilaksanakan selama 1 tahun dimulai pada 1 September 2022 –sampai 31 Agustus 2023. Sehingga kegiatan ini akan dikonversikan setara dengan 48 sks.

Peserta program ini berasal dari 10 mahasiswa Fakultas Pertanian Peternakan dari 6 program studi. Peserta yang lolos wajib membuat essai yang menarik tentang alasan mengikuti program ini, mempunyai nilai English Proficieny dan IPK yang memenuhi syarat. Dari 10 peserta tersebut, 1 mahasiswa dari program studi Kehutanan, Nadira Alya Natyas, akan terlebih dahulu diberangkatkan ke perusahaan induk Sunny Side Farm yang berada di Nishinuma, Kota Moka, Prefektur Tochigi, Jepang. Menurut Nadira, program Internship ini akan memberikan pengetahuan dan ketrampilan tentang hidroponik tomat. “Sambil menunggu jadwal keberangkatan, selaian menyiapakn berkas-berkas yang dibutuhkan, selama 2 bulan ke depan saya akan mengambil kursus Bahasa Jepang,” ujar Nadira.

     Nadira mengungkapkan rasa syukurnya karena berhasil lolos seleksi, karena proses pendaftaran dan persiapan seleksinya sangat singkat. “Tapi semua harus dilandasi keyakinan karena we become what we think about”, ungkapnya. Dia berharap pasca mengikuti program ini dapat menyalurkan ilmu yang dipelajari di kampus. Mahasiswa semester 4 ini juga berkeinginan dapat menyerap ilmu lebih banyak dari pertanian Jepang sehingga ilmu tersebut bisa diimplementasikan di negara sendiri. (RAN/hum)

Shared: