Kunjungan SMK Muhammadiyah 5 Gresik ke UMM untuk Melakukan Kerjasama dengan Fakultas Pertanian Peternakan

Jum'at, 24 Februari 2023 22:14 WIB   Fakultas Pertanian-Peternakan

Pemaparan Materi oleh Bapak dan Ibu Dosen Perwakilan Fakultas Pertanian Peternakan UMM (Dokpri)

MALANG — Pada Rabu (22/02) SMK Muhammadiyah 5 Gresik melakukan kunjungan ke Universitas Muhammadiyah Malang. Fakultas Pertanian Peternakan UMM melakukan sosialisasi kepada para siswa dari SMK Muhammadiyah 5 Gresik terkait pengenalan Center of Excellence (CoE). Datangnya SMK Muhammadiyah 5 Gresik ini juga memiliki tujuan untuk melakukan kerjasama pada bidang pertanian dan peternakan dengan Fakultas Pertanian Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang.

Fakultas Pertanian Peternakan UMM ini memiliki 6 program studi yang beroperasi, yaitu agribisnis, agroteknologi, kehutanan, peternakan, teknologi pangan, dan perikanan. “Fakultas kita sendiri ini memiliki enam program studi. Alhamdulillah lima di antaranya sudah akreditasi unggul,” Terang Pak Ramli

Dalam sosialisasi ini juga dijelaskan bahwa setiap program studi sudah memiliki kelas Center of Excellence (CoE) yang dikembangkan oleh tiap program studinya. Ada terdapat enam kelas CoE yang sudah berjalan, yaitu kelas profesional unggas, kelas profesional udang, kelas profesional kakao, kelas profesional industri produksi benih tanaman, kelas profesional ekspor produk agrokomplek, dan kelas profesional essential oil.

“Kalau teman-teman semua nanti masuk di kelas unggulan tersebut nantinya teman-teman akan langsung diajarkan oleh para mitra kami yang sudah bekerjasama,” Ujar Pemateri

Pada penyampaian dari perwakilan SMK Muhammadiyah 5 Gresik menjelaskan bahwa sekolah mereka ini sekolah yang tergolong baru berdiri selama 5 tahun pada 2018 lalu. Kemudian, dijelaskan bahwa dengan adanya kerjasama dengan Fakultas Pertanian Peternakan UMM ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas akademik dari sekolah mereka dan dapat membantu dalam pengembangan sekolahnya.

Selain itu, pada sosialisasi ini Bapak dan Ibu dosen dari Fakultas Pertanian Peternakan UMM juga memaparkan seputar Kompetensi Ekstra Siswa Indonesia (KESI). KESI ini ialah program khusus tambahan yang diberikan oleh pendidik kepada siswa Kelas III SMA/SMK/MA agar mempunyai kompetensi ekstra sesuai minat dan passion siswa. Tujuan dari adanya KESI ini agar Universitas Muhammadiyah Malang dapat mengenalkan sistem pembelajaran pada perguruan tinggi, dapat memberikan pendidikan yang lebih ekstra kepada para siswa, dan terakhir dapat menjalin terjadinya komunikasi antara UMM dengan para calon mahasiswa.

“Dengan adanya, program KESI ini, bagi kalian siswa Kelas III SMA/SMK/MA akan diberi kesempatan seluas-luasnya untuk memilih kursus singkat yang ditawarkan oleh semua program studi yang ada di Universitas Muhammadiyah Malang. Jika, kalian nanti ikut mendaftar KESI ini akan mendapatkan sertifikat yang berguna ketika nantinya mendaftar di Universitas Muhammadiyah Malang” Jelas Pemateri.

Foto Bersama dengan Para Siswa yang Mendapatkan Doorprize (Dokpri)

Di akhir acara tersebut, Fakultas Pertanian Peternakan memberikan beberapa pertanyaan sesuai dengan materi yang tadi sudah dipaparkan oleh para Bapak dan Ibu dosen. Para siswa yang berhasil menjawab dengan benar berkesempatan mendapatkan hadiah.

Shared: