Program "UMM Pasti" menjadi Semangat dalam Pembukaan PESMABA FPP 2021

Senin, 08 November 2021 21:25 WIB   Fakultas Pertanian-Peternakan

Pembukaan PESMABA FPP di Pusdik Arhanud

     Kegiatan Pengenalan Studi Mahasiswa Baru, yang dikenal dengan sebutan PESMABA, untuk mahasiswa Fakultas Pertanian Peternakan Tahun Akademik 2021/2022 telah dimulai pada Senin, 8 November 2021. Kegiatan PESMABA kali ini dilaksanakan berbeda. Bertempat di Pusat Pendidikan Artleri Pertahanan Udara (Pusdik Arhanud), kegiatan ini dijadwalkan selama 6 hari dengan menjalankan protokol kesehatan. Jumlah mahasiswa baru FPP yang mengikuti kegiatan PESMABA sebanyak 600 dengan dibagi menjadi 2 gelombang.

     Pada pembukaan PESMABA ini, semangat “UMM Pasti” digelorakan oleh Dekan FPP, Dr.Ir. Aris Winaya, MM.MSi.IPU. Semboyan “UMM Pasti” mengartikan pasti lulus tepat waktu, pasti bekerja, pasti mandiri.  Menurut Aris, 6 program studi di FPP mempunyai mutu yang baik. Tiga prodi terpredikat Unggul yakni Agroteknologi, Agribisnis, dan Peternakan. Sementara, dua Prodi terakreditasi A yakni Teknologi Pangan dan Akuakultur, sedangkan Prodi Kehutanan mendapatkan predikat Sangat Baik. “Kualitas semua prodi di FPP menunjukkan bahwa kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik untuk bidang akademik maupun non akademik untuk menunjang agar mahasiswa lulus tepat 4 tahun”, ujar Aris.

     Wakil Dekan I bidang kemahasiswaan, Ir. Henik Sukorini, MP. Ph.D, menjelaskan bahwa saat ini kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) memberikan peluang besar mahasiswa agar mampu lulus tepat waktu. MBKM menyediakan kesempatan mahasiswa untuk mengambil kegiatan di luar kampus, yang bisa diambil mulai pada semester 6. Durasi waktu kegiatan MBKM minimal 1 semester, setara dengan 20 sks. Wakil Dekan II bidang keuangan, Dr.Ir. Mochammad Chanan, MP., mengutarakan bahwa fasilitas di FPP sangat menunjang kegiatan mahasiswa guna mendorong lulus tepat waktu.  Salah satu fasilitas yang dimiliki FPP adalah Edupark yang merupakan laboratorium terintegrasi untuk seluruh Prodi. Sementara Dr.Hariyadi, SPi. MSi selaku Wakil Dekan III bidang kemahasiswaan, mendorong mahasiswa untuk mengambil aktivitas ekstrakurikuler selain berkegiatan di kelas. “Survey NACE (National Association of College and. Employers) menunjukkan bahwa kesuksesan tidak hanya ditunjukkan oleh IPK tinggi, tapi juga komunikasi yang baik dan mampu bekerjasama”, tutup Hariyadi. (RAN/hum)

Shared: