Triple Helix Collaboration: FPP-Pemerintah Kota Batu-Korean Farmer

Jum'at, 02 Juli 2021 08:21 WIB   Fakultas Pertanian-Peternakan

Pertemuan Triple Helix Collaboration terdiri dari Dekan FPP (paling kiri), Walikota Batu (tiga dari kiri), CEO Little Farmer LLC (tengah), dan Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan (dua dari kanan)

     Dalam rangka mewujudkan misi sebagai fakultas yang bereputasi ASEAN pada tahun 2030, maka Fakultas Pertanian Peternakan (FPP) melakukan kolaborasi “Triple Helix” yang terdiri dari FPP, Pemerintah Kota Batu, dan Little Farmer LLC, Korea Selatan. Kolaborasi ini mengusung tentang smart system di komoditas hortikultura. Kolaborasi ini diinisiasi oleh FPP dengan mempertemukan CEO Little Farmer LLC, Choi Byeong Moon, dengan Dra. Dewanti Rumpoko, M.Si, walikota Batu.

     Melalui inisiasi FPP, Little Farmer LLC ingin bekerjasama dengan pemerintah Batu untuk mengembangkan Green House Smart System berupa Donut Farm, dengan komoditas strawberry, pok choi, paprika. Sistem tersebut sudah banyak diaplikasikan di Korea Selatan, berkebalikan dengan Indonesia yang belum menggunakan sistem ini. Berlokasi di rumah Dinas Walikota Batu, Choi memaparkan perbedaan produktivitas dari beberapa sistem budidaya. “Ada 4 sistem budidaya yang sering digunakan yakni outdoor, protected, hydroponic, dan donut form”, ujar Choi. “Dari keempat sistem tersebut, donut farm memberikan produktivitas yang paling tinggi. Sistem ini akan bisa mengatasi problem Indonesia yang belum bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri, sehingga harga komoditas menjadi mahal”, tambah Choi.

     Paparan Choi disambut baik oleh Walikota Batu, dengan penandatangan MoU (Master of Understanding) keduanya. “Semoga dengan adanya kolaborasi ini, Batu akan bisa menjadi pusat Green House Smart System di Indonesia”, harapan Dewanti. Sementara peran FPP pada kolaborasi ini sebagai lembaga pendidikan yang akan menerima student exchange dari luar negeri. Nantinya mahasiswa luar negeri tersebut akan diarahkan untuk magang di Green House Smart System yang ada di Batu. “Kegiatan student exchange ini akan mendukung program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) di Fakultas kami”, ungkap Dekan FPP, Dr.Ir.David Hermawan, MP.IPM. (RAN/hum)

Shared: